Home Headline Tes Swab Gratis untuk 11 Ribu Santri, Pesantren Apresiasi Kepedulian Pemkab Cirebon

Tes Swab Gratis untuk 11 Ribu Santri, Pesantren Apresiasi Kepedulian Pemkab Cirebon

by Redaktur Cirebon Plus
0 comment

CirebonPlus (C+) – Memasuki fase Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) pandemi Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) sejumlah daerah telah melonggarkan kebijakan pembatasan. Pemerintah juga telah memperbolehkan pesantren kembali membuka kegiatan, syaratnya memberlakukan protokol Covid-19.

Salahsatu protokolnya adalah pengecekan kesehatan para santri yang akan kembali ke pesantren, yang ada di dalam maupun luar daerah. Untuk memastikan kondisi santri sehat atau bebas dari Covid-19 di antaranya dilakukan melalui pemeriksaan swab.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon bersana Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Cirebon melalui Rabithah Ma’ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMI-NU) menyepakati untuk memfasilitasi pemeriksaan swab belasan ribu santri. Secara teknis pemeriksaan dilakukan secara terjadwal sejak seminggu yang lalu.

Hal itu disampaikan Koordinator Penyelenggaran Tes Swab Covid-19 RMI NU Kabupaten Cirebon, M Mahfud Gunawan. Menurutnya, para santri asal Kabupaten Cirebon menjalani pemeriksaan swab sebelum kembali ke pondok pesantren tempat mereka memimba ilmu.

Pemeriksaan swab difasilitasi Pemkab Cirebon. Kegiatan tersebut diadakan di Posko Covid-19 Kabupaten Cirebon GOR Watubelah, Sumber. Para santri dari berbagai desa datang ke tempat tersebut untuk diambil sampel swab-nya.

“Para santri yang menjalani pemeriksaan swab merupakan santri asal Kabupaten Cirebon yang akan kembali ke sejumlah pesantren di Kediri, Jombang, Yogyakarta, Tuban dan daerah lainnya. Mereka jadwalnya lebih dulu. Baru berikutnya yang mondok di Kabupaten Cirebon,” paparnya.

Dikatakan, pelaksanaan tes swab merupakan realisasi dari koordinasi dan kerjasama yang terbangun antara RMI PCNU Kabupaten Cirebon selaku asosiasi pondok pesantren  dan Pemkab Cirebon. Dengan pemeriksaan tersebut, diharapkan dapat memastikan kondisi kesehatan para santri asal Kabupaten Cirebon.

“Pemkab Cirebon mengalokasikan kuota 11 ribu pemeriksaan swab Covid-19 bagi santri asal Kabupaten Cirebon, baik yang nyantri di Cirebon maupun luar daerah,” sambungnya.

Sementara itu, Ketua RMI-NU PCNU Kabupaten Cirebon, KH Badruddin Hambali menyampaikan terima kasih kepada pemkab Cirebon yang telah memberikan kepedulian terhadap para santri. Pihaknya saat ini juga sedang menunggu formula dari pemkab untuk pesantren daalam menerapkan protokol kesehatan sesuai standar Covid-19. 

Alhamdulillah beberapa hari ini tes swab Covid-19 untuk para santri berjalan dengan lancar, aman dn kondusif. Bahkan sebagian pengasuh pesantren juga melakukan uji swab. Pesantren berterima kasih kepada Pemkab Cirebon dalam hal ini bupati yang telah membantu dan memperhatikan pesantren,” pungkas Kang Bad, sapaan akrabnya. (Kustano)

Related Articles