kuping kiri

Tiga Tahun Berjalan, Budidaya Lele Komunitas Pemuda Serang Kulon Makin Berkembang

Tiga Tahun Berjalan, Budidaya Lele Komunitas Pemuda Serang Kulon Makin Berkembang

Cirebonplus.com (C+) – Wirausaha dianggap menjadi pilihan tepat bagi kaum muda saat ini. Menciptakan lapangan kerja mandiri juga menjadi tantangan tersendiri, seperti yang tengah dirintis lulususan Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Cirebon, Dimas Dulbachri SPd.

Menurut Dimas, belajar usaha sejak dini sangatlah penting, untuk menabung di masa depan dan masa tua. Saat ini Dimas bersama teman-temannya memiliki usaha ternak lele, sebagai tempat pembelajaran bagi pemuda Desa Serang Kulon, Kecamatan Babakan.

Usaha tersebut, kata Dimas, sudah berjalan tiga tahun ini yang dijalankan bersama para pemuda desa. Hal itu atas inisiatifnya, dengan harapan pemuda desa setempat mempunyai kegiatan yang positif.

“Awalnya pembuatan ternak lele ini atas dasar inisiatif teman-teman dengan tujuan agar pemuda desa mempunyai aktivitas yang bermanfaat dan menghasilkan,” kata Dimas.

Modal usahanya hasil patungan antara dirinya dengan teman-teman, mulai dari pembuatan kolam ternak lele yang dilakukan secara bertahap hingga untuk pakannya.

“Modal usaha ini yang kami keluarkan tidaklah besar, awalnya kolam yang kami miliki cuma 2 , sehingga bisa nambah lagi 3 kolam. Bahkan kami berencana ingin nambah 5 kolam,” tegas Dimas kepada Cirebonplus.com.

Dimas menambahkan, usaha yang dijalankan sekelompok pemuda itu sangat didukung oleh kepala desa setempat. “Alhamdulillah kegiatan kami ini sangat didukung sama pak kuwu yang berharap agar terus mengembangkan usaha ini,” lanjutnya.

Selain Kepala Desa, sambungnya, masyarakat Desa Serang Kulon juga mendukung usaha yang dijalani. Sehingga lele yang dijual kepada masyarakat dihargai Rp20 ribu-Rp23 ribu/kg. (Muhamad Surya)

Related posts