Home CirebonRaya TKI Galang Dana untuk Perantau Kalideres Terdampak Corona di Jakarta

TKI Galang Dana untuk Perantau Kalideres Terdampak Corona di Jakarta

by Redaktur Cirebon Plus
0 comment

CirebonPlus (C+) – Banyak cara dilakukan elemen masyarakat untuk membantu mengatasi penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Seperti halnya yang dilakukan warga asal Desa Kalideres, Kecamatan Kaliwedi, Kabupaten Cirebon yang menjadi tenaga kerja di luar negeri.

Mereka menginisiasi penggalangan dana untuk saudaranya sedesa yang terdampak penyebaran virus Corona. Terutama mereka yang merantau di daerah zona merah Jakarta.

Panitia penggalangan dana, Iin Inayah menyampaikan langkah sosial itu dilakukan untuk meringankan beban ekonomi warga Kalideres yang ada di Jakarta. Tujuan utamanya, agar para perantau ini tidak pulang kampung, tetap di Jakarta untuk menghindari penyebaran virus lebih luas.

“Kegiatan penggalangan dana ini merupakan aksi peduli terhadap warga Kalideres yang merantau di Jakarta,” ujar Iin Inayah saat dihubungi CirebonPlus, Rabu (2/3/2020).

Menurutnya, dana yang dikumpulkan saat ini dari TKI asal Desa Kalideres yang berada di Hongkong, Taiwan, Malaysia, dan Singapura. Setelah dianggap cukup untuk didistribusikan, maka pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak-pihak yang dapat membantu.

“Penyebaran Covid-19 ini berdampak besar pada perekonomian warga yang berada di Jakarta. Sehingga banyak dari mereka yang pulang ke kampung halaman,” ujarnya.

Kegiatan ini, sambungnya, juga merupakan upaya yang bisa dilakukan oleh para TKI untuk melakukan tindakan pencegahan terhadap meluasnya penyebaran Covid-19 di desa-desa. Dengan mereka para perantau tidak pulang ke desa, hal ini sudah membantu menangani pencegahan penyebaran virus Corona. (Yasir/C+5)

Related Articles