kuping kiri

Update Survei Alvara, Jokowi Unggul 20,2% Dibanding Prabowo

Update Survei Alvara, Jokowi Unggul 20,2% Dibanding Prabowo

Cirebonplus.com (C+) – Sejumlah lembaga survei terus meng-update pergerakan kecenderungan calon pemilih menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2018. Kali ini giliran Alvara Research Center yang merilis hasil survei nasional yang dilakukan medio 8-22 Oktober 2018 di 33 provinsi.

Hasilnya, elektabilitas pasangan calon Joko Widod-Ma’ruf Amin unggul daripada Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Jokowi-Ma’ruf mendapatkan 54,1 persen suara, sedangkan Prabowo-Sandi 33,9 persen.

Hasil tersebut diungkapakan CEO Alvara Research Center Hasanuddin Ali kepada wartawan, Selasa (6/11). Menurutnya, jumlah pemilih yang belum menentukan pilihan sebesar 12 persen.

“Sedangkan bila dilihat dari soliditas pemilih, 55 persen pemilih Jokowi tidak akan mengubah pilihannya. Pemilih Prabowo 57,7 persen tidak akan mengubah pilihannya,” ujarnya.

Selain itu, untuk elektabilitas dari sisi geografis di hampir semua wilayah Indonesia, kecuali Sumatera yang dikuasai paslon Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Dari sisi elektabilitas yang di lihat dari gerografis, Hasanuddin menyatakan pemilih di Jawa dan Sumatera sangat menentukan siapa yang akan menjadi pemenang di Pilpres 2019 mendatang. Paslon Jokowi-Ma’ruf unggul di Jawa 58,1 persen, sedangan Prabowo-Sandiaga 29,2 persen. Untuk Sumatera paslon Prabowo-Sandiaga unggul 44,6 persen dan Jokowi-Ma’ruf 40 persen.

Adapun survei Alvara menggunakan multistage random sampling dengan melakukan wawancara terhadap 1781 responden berusia 17 tahun ke atas. Rentang margin of errof sebesar 2,37 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. (Ril/C+1)

Related posts