Home Ekobisnis Walikota-Bupati Diminta Geser APBD untuk Bantuan Sosial, Tak Perlu Izin Dewan!

Walikota-Bupati Diminta Geser APBD untuk Bantuan Sosial, Tak Perlu Izin Dewan!

by Redaktur Cirebon Plus
0 comment

CirebonPlus (C+) – Gubernur Jawa Barat, HM Ridwan Kamil telah menginstruksikan bupati dan walikota untuk segera membelanjakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), untuk membantu kebutuhan penanganan  Covid-19 dan kebutuhan ekonomi warga yang membutuhkan sebagai dampak dari penyebaran virus tersebut. Bupati/walikota juga diminta segera membuat rencana aksi pembelanjaan anggaran pemerintah dalam dua bulan ini, semua dilakukan untuk mengurangi keterlambatan.

“Utamakan hibah bansos (bantuan sosial), (agar) penerima bisa membelanjakannya untuk konsumsi barang dan lain-lain. Terkait pengurangan pajak di level nasional, tentu kami juga rekomendasikan ke Mendagri untuk memastikan industri terdampak bisa melakukan survival dengan baik, dengan pajak yang dikelola pusat,” ujar Kang Emil, sapaan akrabnya, Kamis (19/3/20).

Pihaknya pun ingin mendapatkan masukan terkait sektor informal atau kelas menengah ke bawah yang menggantungkan hidup dari pendapatan harian. Misalnya ojek online (ojol). Namun pihaknya butuh tim untuk menghitungnya, apakah berupa suplai sembako, bantuan keuangan, atau penundaan pembayaran tertentu dan itu perlu secepatnya dikaji. “Dipersilakan ada pergeseran anggaran untuk kedaruratan kesehatan dan jaringan pengaman sosial sampai 29 Mei, tidak perlu mendapat persetujuan DPRD,” tuturnya seperti dilansir portal Pemprov Jabar. (Dewo/Ril)

Related Articles