Home Headline Warga Lebih Puas Terhadap Pelayanan Damkar Ketimbang Disdik-Dinkes

Warga Lebih Puas Terhadap Pelayanan Damkar Ketimbang Disdik-Dinkes

by Redaktur Cirebon Plus
0 comment

CirebonPlus (C+) – Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon merilis hasil survei tentang Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) terhadap kinerja pelayanan yang diberikan oleh perangkat daerah  yang ada di Kota Cirebon. Survei dilakukan untuk megukur indeks atau nilai kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan instansi-instansi yang ada di bawah kendali Pemkot Cirebon, sehingga gambaran dari apresiasi masyarakat dapat dilihat.

Hasil survei tersebut dirilis dirilis Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (DKIS) Kota Cirebon. Harapannya, perangkat daerah di Kota Cirebon yang memiliki fungsi pelayanan publik dan bersentuhan langsung dengan masyarakat dapat menjadikan hasil survei sebagai acuan dalam peningkatan kinerja yang berkelanjutan.

Survei yang dilakukan terhadap kinerja instansi pemerintah tahun 2019 hingga triwulan 1 tahun 2020. Hal itu merujuk pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan RB) Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik.

Secara mengejutkan, tiga instansi dengan indeks tertinggi bukan yang membidangi kebutuhan dasar masyarakat seperti Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, DPUPR, atau lainnya. Sebaliknya, tiga instansi dengan pelayanan terbaik dinas yang dianggap bukan “level utama” seperti Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar), Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSP3A), dan Kantor Penanggulangan Bencana Daerah (KPBD).

Dalam rilis yang diterima CirebonPlus, Selasa (30/6/2020) indeks kepuasan untuk pelayanan Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Dinas Pendidikan (Disdik) masuk 10 besar dengan nilai masing-masing 81,77 dan 83,33. Sedangkan instansi dengan indeks terendah adalag Dinas Pangan, Pertanian, Kelautan dan Perikanan sebesar 72,85 poin. (Kustano)

Ilustrasi: Net

Related Articles