Home Ekobisnis Wawali Cirebon dan Wawali Tarakan Bahas Pengentasan Kemiskinan Pasca Pandemi

Wawali Cirebon dan Wawali Tarakan Bahas Pengentasan Kemiskinan Pasca Pandemi

by Redaktur Cirebon Plus
0 comment

CirebonPlus (C+) – Pandemi Covid-19 bukan tanpa peluang. Meski sejumlah sektor lesu, bahkan mati, namun tak sedikit sektor yang bisa bangkit dengan cepat. Peluang-peluang itu diharapkan bisa dimanfaatkan oleh pengusaha di Kota Cirebon, sehingga bisa membuka peluang usaha dan kerjasama termasuk dengan pemerintah daerah guna mengentaskan kemiskinan.

Pernyataan itu disampaikan Wakil Walikota (Wawali) Cirebon, Dra Hj Eti Herawati usai menerima kunjungan Wakil Walikota Tarakan, Kalimantan Utara, Effendy Djuprianto di ruang kerjanya, Jumat (5/2/2021). Di masa pandemi Covid-19 ini, para wakil walikota dan bupati di seluruh Indonesia mendapatkan tugas untuk mengentaskan kemiskinan.

“Kedatangan beliau salah satunya untuk itu. Kami telah membicarakan sejumlah peluang kerja sama yang bisa membuka peluang usaha sekaligus pengentasan kemiskinan dan tadi beliau konsentrasi ke perikanan,” ungkap Eti.

Tarakan memiliki potensi perikanan yang besar yang bisa dimanfaatkan baik oleh Kota Cirebon maupun Kota Tarakan. Salahsatunya dengan mengirimkan tenaga kerja dari Kota Cirebon untuk memberikan pelatihan, seperti pelatihan packaging serta berbagai pelatihan lainnya.

Untuk itu, Eti meminta kepada pengusaha di Kota Cirebon untuk bisa menangkap peluang bisnis ini. “Ini angin segar untuk pengusaha,” ungkap Eti.

Dengan begitu akan semakin banyak tenaga kerja yang terserap sehingga pengentasan kemiskinan bisa dilakukan. “Mudah-mudahan kerja sama antar kota ini bisa berjalan dengan baik,” ungkap Eti.

Sementara itu Wakil Wali Kota Tarakan, Kalimantan Utara, Effendy Djuprianto, menjelaskan bahwa dirinya merupakan pengusaha sebelum menjadi wakil wali kota. “Saya berusaha di sektor perikanan,” ungkap Effendy. Yaitu menjual ikan kering dan salah satu kota penjualannya yaitu Kota Cirebon.

Effendy menilai, baik Kota Cirebon maupun Kota Tarakan sama-sama memiliki potensi kelautan dan perikanan yang bisa dikembangkan. Untuk itu Effendy berkunjung ke Kota Cirebon, yaitu mendorong pemanfaatan potensi dan kerja sama antara Pemda Kota Cirebon dan Kota Tarakan.

Sedangkan Ketua Kadin Kota Cirebon, Edi Mulyana menyambut positif informasi dan peluang yang sangat berharga ini. Nantinya mereka akan fokus ke pelatihan dan pembinaan sumber daya manusia (SDM). “Ini merupakan jembatan awal kerja sama yang baik,” ungkap Edi.

Sementara Kepala Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah (DPUKM) Kota Cirebon, Dra. Hj. Maharani Dewi, menjelaskan, salah satu peluang yang bisa diambil yaitu produk-produk dari Kota Tarakan bisa diolah oleh UMKM di Kota Cirebon. “Seperti keripik yang kita ekspor ke Belgia,” ungkap Maharani. Bahannya di dapatkan dari daerah lain namun UMKM di Kota Cirebon mengolahnya menjadi produk yang siap dijual bahkan diekspor. (C+/01)

Foto: Istimewa Pemkot Cirebon

Related Articles